Blogger Jateng

Belajar Bahasa Korea - Perkenalan Diri (Formal Honorifik)

Perkenalan diri (Formal Honorifik)

Perkenalan diri biasanya menggunakan Bahasa Korea formal honorifik. Tingkatannya di atas formal biasa, dan biasanya ditujukan untuk orang yang lebih tua atau menunjukkan rasa hormat. Biasanya ditandai dengan akhir kalimat yang berbunyi -seumnida, -imnida, bukan akhiran -yo seperti formal biasa. (Pengecualian untuk 안녕하세요 annyeonghaseyo yang umum digunakan untuk memulai perkenalan diri).

Beberapa kalimat untuk perkenalan diri:


1. 안녕하세요.
annyeonghaseyo.
Halo.

2. 저는 ... 입니다.
jeoneun ... imnida.
Nama saya ...

저 = saya (formal honorifik)

3. 처음 뵙겠습니다.
cheoeum boepgesseumnida.
Senang berkenalan denganmu.

처음 = pertama kali
뵙다 = bertemu (formal honorifik)

4. 저는 ... 입니다.
jeo neun ... imnida.
Saya adalah ... (pekerjaan)

저는 학생입니다.
jeoneun haksaengimnida.
Saya adalah pelajar.

저는 대학생입니다.
jeoneun daehaksaengimnida.
Saya adalah mahasiswa.

5. ...살 입니다.
... sal imnida.
(saya) ... tahun.

Dalam menyebutkan tahun, gunakan Native Korean Numbers. (Catatan: Untuk angka 20 dalam Native Korean Numbers adalah 스물 seumul)

열아홉살 입니다.
yeol ahop sal imnida.
(saya) 19 tahun.

스물한살 입니다.
seumulhansal imnida.
(saya) 21 tahun.

Apa yang harus diucapkan
Setelah perkenalan?
.Apa yang harus diucapkan setelah perkenalan?

Saat mengakhiri perkenalan, ucapkan:

또 뵙겠습니다.
ddo boebgesseumnida.
Sampai jumpa lagi (formal).

Jika suasananya tidak terlalu formal:

또 봐요.
ddo bwayo.
Sampai jumpa lagi.

또 = lagi
봐요 = 보다 = melihat (bertemu)

Posting Komentar untuk "Belajar Bahasa Korea - Perkenalan Diri (Formal Honorifik)"