Blogger Jateng

Belajar Bahasa Korea - Present , Past , dan Future Tense dalam Bahasa Korea

Present, past, and future tense in Korean language.


Present tense (hal yang biasanya terjadi) sudah pernah dibahas pada post “mengubah kata kerja menjadi kalimat”, berikut review-nya:
Ringkasan:
1. ㅏ,ㅗ + 아요
2. 하다 = 해요
3. vokal lainnya + 어요. ㅣ + 여요.

Pengecualian:
1. 르
2. ㄷ
3. ㅂ
Hati-hati 받다, 믿다, 입다, 좁다 tidak sesuai pengecualian.
[Jika kamu ingin membaca post tersebut tanpa harus mencari di timeline, gunakan fitur Personal Repost. Caranya: chat “PR Mengubah kata kerja menjadi kalimat” ke OA ini.]

Past tense (hal yang sudah terjadi) ditandai dengan kata kerja bentuk lampau pada akhir kalimat. Cara mengubah kata kerja dasar menjadi kata kerja bentuk lampau sangat mirip dengan aturan ‘present tense’. Bedanya:
1. 아요 diubah menjadi 았어요,
2. 어요 diubah menjadi 었어요,
3. 하요 diubah menjadi 했어요.

Future tense (hal yang akan terjadi)ditandai dengan kata kerja bentuk akan datang pada akhir kalimat. Caranya dengan menambahkan ㄹ/을 거예요.  Jika kata kerja diakhiri huruf vokal, tambahkan ㄹ 거예요. Jika kata kerja diakhiri huruf konsonan, tambahkan 을 거예요.

Contoh:
1. Bentuk kamus가다 = pergi. Present 가요. Past 갔어요. Future 갈 거예요.
2. Bentuk kamus 하다 = melakukan sesuatu. Present 해요. Past 했어요. Future 할 거예요.

Kalau kamu masih belum paham materi ini, tenang saja. Kami sedang mempersiapkan latihan merubah kata kerja menjadi bentuk present, past, dan future. Semangat!

2 komentar untuk "Belajar Bahasa Korea - Present , Past , dan Future Tense dalam Bahasa Korea"

  1. Kak, jangan langsung pake hangeul Dulu boleh ga? Aku mau mempelajari structure biasanya dulu. 아요 Itu aja Aku ga ngerti artinya apa 😂 tapi Aku ttp melajarin kok. Thank uuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran, mending belajar baca hangul dulu, kayak kita waktu kecil belajar baca abjad dulu baru bisa bikin kalimat spok :)

      Hapus